Kemacetan Internetworking - Mata Kuliah Komunikasi Data & Jaringan Komputer

Kemacetan Jaringan Internet
a.    Pendahuluan
     Kemacetan jaringan (congestion) muncul ketika link atau node membawa banyak sekali data yang berkualitas rendah. Efek yang muncul dapat berupa delay antrian, hilangnya paket dan terhalangnya koneksi baru. Konsekuensi dari efek ini adalah peningkatan probabilitas antrian yang menurunkan kinerja jaringan

b.    Kapasitas Jaringan
     Penyebab utama munculnya kemacetan jaringan adalah karena sumber daya internet yang terbatas meliputi waktu prosesing router dan  kapasitas jaringan. Pertumbuhan fenomenal dari internet dalam kegiatan ekonomi dan lalu lintas dalam lima puluh tahun terakhir merupakan contoh luar biasa dari skalabilitas arsitektur internet.

c.    Resource sharing dan Kemacetan internet
     Kemacetan Internet merupakan  akibat dari resource sharing, di mana resource sharing itu sendiri merupakan point sentral yang menyebabkan internet menjadi begitu berharga dan begitu sukses dalam perkembangannya. Internet memberikan sumber daya yang dapat disharing dari semua platfrom yang mendukung interoperablioty dan interkoneksi, melampau infrastruktur jaringan yang heterogen (baik kecepatan tinggi maupaun rendah, kabel tau tanpa kabel) sebagai basis global.

d.    Definisi Kemacetan
     Bila terlalu banyak paket data yang berada di dalam subnet, maka unjuk kerja jaringan akan mengalami penurunan. Situasi seperti ini disebut kemacetan.
     Bila jumlah paket yang mengalir ke dalam subnet dari host masih berada dalam daya tampungnya, paket-paket tersebut seluruhnya akan diantarkan. Jumlah paket yang diantarkan proporsional dengan jumlah paket yang dikirimkan. Akan tetapi, dengan semakin meningkatnya lalu lintas, router tidak mampu lagi menangani paket yang datang dan router akan mulai kehilangan paket.

e.    Faktor – faktor penyebab kemacetan
1.    Aliran paket data yang datang pada tiga atau empat saluran input dan semuanya memerlukan saluran output yang sama, maka antrian mulai membesar. Bila tidak terdapat memori yang cukup untuk menampung seluruh antrian, maka paket hilang
2.    Prosesor yang lambat juga menimbulkan kemacetan. Bila CPU router lambat dalam melakukan tugas yang diperlukan, antrian akan semakin panjang

f.     Akibat kemacetan internet
Permasalahan serius yang diakibatkan efek congestion (kemacetan) adalah deadlock, yaitu suatu di mana sekelompok node tidak bisa meneruskan pengiriman paket karena tidak ada buffer yang tersedia. Teknik deadlock avoidance digunakan untuk merancang jaringan hingga deadlock tidak terjadi.

Macam-macam deadlock
1.    Store and forward
     Situasi antara node A dan node B berinteraksi penuh dan deadlock terjadi

2.    Indirect store and forward deadlock
       indirect store-and-forward deadlock. Hal ini terjadi tidak pada sebuah link tunggal seperti bentuk deadlock di muka. Pada tiap node, antrian yang ditujukan untuk node terdekatnya bersifat searah dan menjadi penuh

3.    reassembly deadlock.
Situasi di mana node C memiliki 4 paket terdiri dari paket 1 tiga buah dan sebuah paket 3. Seluruh buffer penuh dan tidak mungkin lagi menerima paket baru.

Post a Comment