Mobile Marketing - QR Code

Haii semuaaa...
berhubung kami sekarang ada tugas mengenai mobile marketing, maka saya akan sedikit "bercerita" tentang mobile marketing berdasarkan beberapa artikel yang telah saya baca, hihi.

Sekarang ini tiap perusahaan besar maupun kecil selalu meningkatkan layanan marketing mereka untuk menarik pelanggan. Pemanfaatan mobile marketingpun dianggap sangat efekttif dan efisien dalam meningkatkan income dari pebisnis tersebut.

Ada beberapa contoh pemanfaatan pada mobile marketing, yaitu :
  1. Advertising pada halaman web
  2. Games yang menjual item berbayar
  3. SMS Blast
  4. Logo-logo yang muncul pada suatu aplikasi
  5. Produk yang memberikan layanan Free dan Premium
  6. Katalog Belanja
  7. Text to Voice yang menggunakan QR Code
  8. Rekening Virtual
Nah, dari beberapa contoh tersebut saya akan mencoba sedikit  menjelaskan mengenai QR Code berdasarkan kesimpulan saya, hihi ^^
Apa itu QR Code? Pasti kita semua sudah tidak asing lagi mengenai QR Code ini karena smartphone kita pasti ada QR Code ini untuk saling berhubungan dan “berkenalan” antar smartphone. Heheh
Bagaimana QR Codes Bekerja ?
Sebuah QR Code bekerja dengan hanya memindai kode dengan perangkat mobile yang dilengkapi dengan kamera dan aplikasi pembaca QR Code. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di platform smartphone populer seperti iPhone dan Android .
Setelah QR Code dipindai menggunakan kamera perangkat itu diterjemahkan menjadi informasi ditindaklanjuti , seperti pesan teks atau halaman web mobile.

Bagaimana Bisa QR Codes digunakan untuk Marketing?
Ada beberapa cara praktis QR Code dapat digunakan untuk pemasaran dan promosi dalam berbagai pengaturan . QR Codes dapat diintegrasikan ke dalam hampir semua jenis bahan cetak , termasuk :
Menampilkan Konferensi / acara, Iklan Cetak, Kartu Bisnis, Brosur , Poster dan Selebaran, Kartu pos dan mailer.
Apa yang Bisa QR Code lakukan dalam mobile marketing?
Setelah QR code dipindai informasi dikodekan dapat digunakan untuk secara otomatis memicu berbagai tindakan pada perangkat pengguna , termasuk :
  1. Lihat Website Mobile atau Halaman Arahan
  2. Dial Nomor Telepon
  3. Kirim Pesan Teks
  4. Kirim Email
  5. Lihat Pesan atau Penawaran Khusus
  6. Ambil Detail Kontak ( VCARD )
  7. Melihat Google Maps Lokasi
  8. Lihat Profil Media Sosial

Contoh Mobile Marketing menggunakan QR Code :
  1. Sebuah poster pendidikan publik tentang penyalahgunaan zat menyediakan QR code yang link ke situs web mobile dengan kuis self-assessment dan sumber daya dukungan masyarakat .
  2. Sebuah bisnis lokal menampilkan kode QR dengan link ke halaman Google Places dengan ulasan pelanggan, dan kupon .
  3. Sebuah toko retail menampilkan QR Kode di samping di dalam toko produk untuk melihat demonstrasi produk dan ulasan .
  4. Sebuah iklan untuk sebuah organisasi nirlaba termasuk QR code yang link ke sukarelawan dan sumbangan halaman .
  5. Sebuah restoran termasuk kode QR pada menu takeout , yang menghubungkan ke situs web restoran selular untuk pemesanan online, perintah dan arah interaktif .
  6. Sebuah produk rumah - perbaikan termasuk link ke how-to video dengan petunjuk instalasi .
  7. Sebuah tanda kampanye untuk kandidat politik berisi kode QR yang link ke file audio dengan pesan dari kandidat , atau halaman arahan mobile dengan bio kandidat platform kampanye dan kesempatan untuk menjadi sukarelawan atau berkontribusi .
  8. Sebuah vendor di sebuah konferensi menempatkan kode QR di booth display mereka sehingga peserta dengan mudah dapat memindai dan menyimpan informasi vendor saat mereka lewat.
  9. Seorang makelar menempatkan QR Kode di Dijual tanda di depan properti hunian , yang menyediakan spesifikasi tambahan rumah , foto interior dan Google Maps lokasi untuk referensi nanti .
  10. Sebuah poster promosi untuk film berisi QR Kode dengan link ke video trailer dan bentuk untuk opt-in untuk pemberitahuan ketika film ini dirilis .

1 comments:

Post a Comment